Mengunjungi Miniatur Ka’bah Di Makassar, Masjid Al-Fatih Al-Anshar

(Photo: tripadvisor.com)
(Photo: tripadvisor.com)

Yogyakarta memang menjadi salah satu kota yang banyak disinggahi oleh wisatawan, baik itu wisatawan asing maupun lokal. Ada banyak keunikan yang bisa ditemukan di wilayah ini, termasuk salah satunya berbagai hotel di Yogyakarta yang harganya cukup murah meriah dan berbagai tempat wisata yang sangat beragam. Bukan hanya di Yogyakarta saja, namun di Makassar juga terdapat banyak tempat wisata unik dan menarik termasuk salah satunya jenis wisata religi berupa bangunan Masjid.

Ingin mengunjungi rumah ibadah Allah di Mekkah namun masih terkendala biaya? Sebaiknya coba kunjungi dulu Masjid Al-Fatih Al-Anshar yang berada di Makassar, budget yang dikeluarkan cukup murah meriah dan Anda bisa menikmati keindahan bangunan Masjid plus miniatur ka’bah yang ada di dalam masjid. Meski hanya sebatas miniatur ka’bah saja, namun bentuk ka’bah yang dibuat di lokasi ini benar-benar terkesan mirip dengan aslinya dan lumayan bisa mengobati kerinduan Anda akan ka’bah.

Sebuah bangunan masjid unik yang di dalamnya terdapat bangunan menyerupai ka’bah ini memang wajib dikunjungi, terlebih jika Anda sangat ingin mencoba merasakan suasana bangunan ka’bah yang berada di Mekkah. Di lokasi ini juga ada banyak hotel layaknya berbagai hotel di Yogyakarta untuk menginap, sehingga Anda bisa menikmati keindahan masjid tersebut secara maksimal sampai malam tiba dan mencoba beribadah di masjid ini yang memang fungsi utamanya sebagai tempat ibadah.

Masjid Al-Fatih Al-Anshar merupakan salah satu masjid unik di Makassar yang berdiri di Jl. Paccinang Raya kelurahan Tello kec. Panakukang Makassar, bangunan masjid yang satu ini terbilang unik dan berbeda dari bangunan khas masjid lainnya. Jika bangunan masjid lain memiliki kubah besar dan juga menara yang tinggi, namun masjid yang satu ini tidak memiliki 2 ciri khas masjid tersebut.

Masjid yang diresmikan seminggu sebelum bulan Ramadhan tahun 2015 ini didirikan oleh Mustamin Anshar, seorang konsultan pajak yang sangat mencintai masjid dan ka’bah dan hal inilah yang membuatnya mendirikan bangunan masjid ini. Penamaan bangunan masjid sendiri diambil dari paduan nama sang pendiri dan juga cucunya, sehingga lahirlah nama Masjid Al-Fatih Al-Anshar.

Di bagian salah satu sudut Masjid Al-Fatih Al-Anshar ini ada sebuah bangunan yang bentuknya sama persis dengan bangunan suci umat Islam yakni Ka’bah, namun tentunya dalam versi yang lebih sederhana namun memiliki kemiripan yang cukup mirip dengan bangunan ka’bah yang ada di Masjidil Haram. Bangunan tersebut berada di sebelah Timur Masjid, lebarnya sendiri yakni 7 meter dengan ketinggian 12 meter dilengkapi dengan Hajar Aswad yang menjadi ikon utama dari bangunan Ka’bah ini yang diletakan pada bagian sudut bangunan tersebut.

Segera booking penginapan murah di Reservasi.com untuk bisa berkunjung ke Makassar dan menikmati keindahan Masjid Al-Fatih Al-Anshar, masjid dengan bangunan indah yang menggunakan konsep alam semesta dan ruang angkasa yang membuat bagian interior dari bangunan masjidnya sendiri banyak didominasi dengan hal-hal seputar alam semesta. Jadi tidak heran jika ditemukan berbagai hal yang menyerupai alam semesta di berbagai sudut bangunan ini seperti di bagian interior masjid, pengunjung bisa menemukan sebuah bentuk lingkaran batu besar dengan tulusan lapadz Allah yang menggambarkan bumi yang tengah ditempat umat manusia.

Bangunan Masjid Al-Fatih Al-Anshar ini dibangun dengan berbagai makna di dalamnya, seperti misalnya jumlah pintu masjid dengan jumlah 17 buah yang melambangkan jumlah rakaat dalam shalat. Kemudian ada sebuah bentuk lonjong yang terdapat di bagian depan dekat mimbar yang bermakna “malebu tello” yang memiliki arti kita harus memiliki tekad yang bulat ketika menyembah Allah SWT. Di dalam masjid juga terdapat 9 pilar yang diambil dari bulan umat muslim, yakni bulan Ramadhan. Jadi tunggu apalagi, segera pesan penginapan murah di Reservasi.com untuk bisa menikmati keindahan masjid yang satu ini.

Bangunan Masjid Al-Fatih Al-Anshar ini memang memiliki fungsi utama sebagai tempat ibadah, meksi begitu ada banyak juga wisatawan ataupun warga sekitar yang menyempatkan diri untuk mengunjungi masjid ini selain untuk beribadah juga untuk menikmati keindahan masjid yang memiliki bangunan miniatur ka’bah di dalamnya.  Lokasi yang satu ini sangat cocok dijadikan sebagai tempat wisata religi, selain bisa beribadah namun pengunjung juga bisa menikmati keindahan plus mengabadikan momen mengunjungi masjid dengan berfoto di tempat-tempat tertentu yang diperbolehkan.

Selain dari Masjid yang satu ini, di Makassar juga terdapat banyak masjid lainnya yang tidak kalah menarik mulai dari bentuk bangunan, gaya arsitektur, ataupun sejarah dari masjid tersebut. Jangan lupa juga menginap di hotel Makassar yang banyak dijumpai dengan fasilitas yang lengkap layaknya berbagai hotel di Yogyakarta, dengan begitu Anda bisa menikmati keindahan lain kota ini secara penuh.

Mengunjungi Miniatur Ka’bah Di Makassar, Masjid Al-Fatih Al-Anshar
Tagged on:             

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *