Mau beralih ke Windows 10? Coba Baca ini Dulu

Windows 10 (image source: https://www.techcrunch.com)

Bermula dari sebuah obrolan di group WA Sharing Bareng antar teman-teman IC, saya tertarik untuk  merangkum dan menuliskan kembali tentang windows 10. Ada beberapa hal yang menjadi catatan uji coba upgrade yang dilakukan oleh Lutfan Najib yang merupakan anggota Tim SHABAR tentang seri windows terbaru dari microsoft ini. Dan berikut adalah rangkumannya, semoga bisa memberikan gambaran ke pembaca sebelum melakukan upgrade.

Upgradenya Gratis

Bagi kamu pengguna windows 7 maupun 8 bisa upgrade ke windows 10 secara cuma-cuma mulai dari 29 Juli 2015 hingga 29 Juli 2016 saja. Dan jangan khawatir juga setelah device kamu upgrade windows 10, karena pemakaian window ini bisa berlaku selamanya dan microsoft tetap memberikan update dan supportnya secara free.

Namun ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan meskipun microsoft memberikan upgradenya secara cuma-cuma, diantaranya adalah:

  • Windows kamu harus up-to-date, minimal harus sudah Windows 7 SP1 dan Windows 8.1 Update terbaru. Untuk hal ini ada info tambahan dari Lutfan Najib yakni jika dalam windowsmu belum menemukan release update coba kamu update dulu menurut kode komponen berikut :

Untuk Windows 7 SP1:

  • KB3035583
  • KB2952664

Untuk Windows 8.1:

  • KB3035583
  • KB2976978
  • Windows kamu harus original
  • Kamu tidak menggunakan Windows versi Enterprise

Pengguna Windows versi Enterprise bisa mendapatkan upgrade namun dengan syarat harus punya Software Assurance subscription yang aktif.

Selengkapnya seputar upgrade gratis bisa dibaca disini. Dalam percobaan upgrade jika kamu adalah pengguna dari windows 7 hasil crack dan kamu menemukan error code 80072EE2 dalam proses update windowsnya, ini adalah cara yang sudah berhasil di lakukan oleh Lutfan :

  • Mematikan antivirus yang aktif, dan memastikan antivirus tidak jalan saat start up windows, kemudian restart komputer
  • Setelah restart, allow update dari menu windows update
  • Kemudian lakukan update windows dari windows defender
Update Windows dari Windows Defender

Tampilan Baru ?

Secara tampilan windows 10 sebenernya sudah familiar, karena merupakan perpaduan interface antara win 7 dan 8. Perpaduan yang mudah kita temukan adalah pada start menu dimana jika win 7 berada di pojok bawah sebelah kiri, sedangkan win 8 langsung muncul menu all apps jika kita menekan tombol windows pada keyboard. Nah, gimana tuh kira-kira tampilan perpaduannya? kita bisa lihat gambar dibawah ini:

Tampilan start menu windows 10

Hal ini senada yang ditulis dalam situs resmi microsoft “This combines the strenghts of windows 8 with windows 7.” – Windows Insider (sumber: microsoft)

Selain dari tampilan start menu Lutfan juga sudah mencoba player musik yang menurut dia management list lagunya mudah dan keren.

Pemutar musik Windows 10

Selanjutnya jika kamu ingin mencoba secara langsung, microsoft menyediakan emulator windows 10 di link berikut https://www.microsoft.com/en-us/windows/emulator.

Jika sudah bersiap upgrade, kamu perlu mengingat beberapa syarat diatas. Dan jika sudah siap semua, kamu bisa download windows 10 di link ini. Terimakasih selamat mencoba.

Mau beralih ke Windows 10? Coba Baca ini Dulu
Tagged on:                 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *