Kasih Ibu dan Belajar dari Kisah Habibie Afsyah

Kasih ibu kepada beta
Tak terhingga sepanjang masa

Ini sebuah petikan lagu yang aku dengarkan di metro tv dalam sebuah acara talk show kick andy. Dan episode kali ini sukses membuat saya merinding. Bagaimana tidak? Dalam acara tersebut muncul ibu-ibu yang luar biasa, mereka yang dengan kasih saying dan cinta kasihnya memelihara, membimbing dan mendidik anak-anaknya yang notabene telah divonis dokter dengan berbagai jenis penyakit, salah satunya adalah seperti yang dialami Habibie Afsyah penderita motorik neuron dan adi (nama panngilannya) penderita down syndrome.

Masya Alloh, subhanalloh. “Ibu kau memberi, tanpa menerima kembali”. Dalam keteguhan hati yang kuat tentu ibu-ibu tersebut tak mudah menerima keadaan anaknya pada awalnya mereka mengalami deniad (penolakan) terhadap keadaanya, tapi setelah mengalami segala macam proses akhirnya mereka menerima juga. Seperti yang dialami oleh ibu dari habibi afsyah pada awalnya ibundanya merasa sedih dan sulit menerima, sering menangis, tapi akhirnya ibunya berfikir “Apakah dengan hanya menangis akan menyelesaikan masalah?” lalu apa yang dilakukan ibunya habibie adalah beliau berfikir kembali bagaimana caranya agar habibie nantinya bisa mandiri secara mental dan finansial. Dan jawabannya adalah ibundanya membawa habibieke sebuah seminar internet marketing. Dan sungguh luar biasa habibie pun langsung mempraktekan apa yang telah didapatkannya dalam seminar tersebut. Dan sungguh diluar bayangannya Bu Endang, habibie pun sekarang telah menjadi seorang marketer online yang sukses dengan penghasilan dollar yang banyak. keren!

Ada sebuah pelajaran buat kita semua. Bahwa benar memang jikalau surga itu dibawah telapak kaki ibu karena dengan segala kasih sayang dan cinta kasihnya ibu selalu memberikan yang terbaik untuk anaknya. Ya anaknya yang tercinta yang selalu diharapkan kelak bahwa mereka akan menjadi anak yang berbagi bagi orang tua, dan bangsanya, bisa berjuang gigih untuk memajukan bangsa dan tanah airnya lewat prestasi-prestasi yang gemilang. Juda di katakan oleh habibie “bahwa bagi anda yang merasa kekurangan dalam fisik maupun mental jangan pernah menyerah untuk sembuh dan belajarlah selalu agar dapat meraih apa-apa yang diharapkan.”

*Tulisan ini pertama kali saya tulisan di blogspot 06 Januari 2009 dengan judul ”Kasih Ibu”

Kasih Ibu dan Belajar dari Kisah Habibie Afsyah
Tagged on:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *