Jateng Fair 2014: Ayo Wujudkan Jateng Hebat dan Kreatif!

Sumber gambar: dotsemarang

(7 September 2014) Perhelatan acara pameran terbesar di Jawa Tengah itu kembali digelar di komplek PRPP Tawangmas Semarang dari tanggal 29 Agustus sampai 14 September 2014. Ketika saya dan kedua teman saya dari kontrakan kesana suasana ramai pengunjung, kurang tahu apakah karena hari ini masih weekend kemudian dimanfaatkan untuk keluar rumah atau memang antusiasme dan rasa penasaran mereka ingin melihat adakah yang baru di pameran Jateng Fair 2014 kali ini?, atauuu… bisa jadi seperti saya dan kedua teman saya yang merasa “gagal”… *halah karena selama di semarang kami belum pernah melihat event Jateng Fair ini, jadi piye carane kudu tekan Jateng Fair 2014 😀 yang jelas banyak alasan lain kenapa harus berkunjung ke Jateng Fair 2014. Dan kali ini saya mencoba membantu teman-teman lain yang belum ke event tersebut, mungkin ini ada beberapa alasan kenapa kalian harus kesana. Check this out..

Banyaknya Wahana Permainan

Lampion Korean Lantern Park

Sewaktu datang ke Jateng Fair 2014 kami bertiga naik motor, untuk kendaran jenis roda dua ini parkirannya harus lewat samping taman moerokoeco, meskipun awalnya kami kira loket dan tempat masuknya jauh, ternyata tidak seperti yang kami duga karena dari tempat kami parkir sudah disediakan keduanya yakni loket sekaligus tempat masuknya, jadi kami tidak harus repot-repot lewat pintu gerbang PRPP yang superr duperr gedee itu. Pertama kami masuk langsung disuguhi lampion-lampion yang cukup memanjakan mata. Ya, namanya Korean Lamp Park. Ternyata tidak hanya ditempat tadi yang ada lampionnya, dibeberapa area Jateng Fair 2014 lain juga terdapat lampion, rasanya lokasi PRPP ini menjadi lebih hidup dan menyala ketika malam hari, beda dengan kondisi di siang hari yang panas dan gersang. Dari sekitaran Korena Lampion Park kami melihat serunya anak-anak kecil yang bermain trimpolin, kita lihat saja rasanya menyenangkan, apalagi merasakan langsung… *eh nggak jadi ding… takutnya trimpolinnya jadi rusak.. *inget bobot 😛 Ternyata nggak cukup itu saja masih banyak permainan dan wahana seru lainnya yang bisa dinikmati pengunjung selama di event Jateng Fair 2014 ini berlangsung, karena seperti dikutip dari suaramerdeka.com, Direktur PT PRPP, Titah Listyorini menuturkan, untuk menghibur pengunjung Jateng Fair 2014 pihak penyelenggara menyediakan aneka permainan dari beberapa usia. Bahkan dalam satu lokasi saja, mereka bisa mencoba berbagai permainan yang ada. Dan untuk wahana rekreasi keluarga terdapat 25 wahana permainan anak.  hmm…banyaknya ya..

Kuliner Festival

Banyak loh stand kuliner yang hadir di event ini, setidaknya ada 26 stan (suaramerdeka.com) yang bisa anda kunjungi untuk memanjakan lidah dan mengisi perut yang lapar, bahkan kerak telor dari jekardaah yang terkenal semenjak Pak Jokowi jadi Gubernur dan diberitakan berbagai media itu hadir juga di deretan stan kuliner, sepertinya pedaganya sudah berekspansi ke Semarang 😀 mereka meluaskan sayap usahanya hohoho…

Ramainya pengunjung Jateng Fair 2014

Lomba-Lomba

Ada berbagai lomba yang diadakan untuk meramaikan event Jateng Fair 2014 kali ini, diantaranya adalah Lomba Fotografi Jateng Fair 2014, Lomba Pemilihan Putra-Putri Jateng Fair 2014, Lomba Drum dan Lomba Keroncong Inovatif. Meskipun saya tidak melihat secara langsung kesemua lomba sewaktu kesana, namun ada yang cukup membuat lama saya dan teman-teman untuk berdiri melihat perform anak kecil yang ikut lomba drum di panggung Jateng Fair 2014. Sayang saya waktu itu tidak mengambil videonya, namun saya sempat memotretnya meski rada jauh dari saya berdiri. Berikut penampakannya…

Lomba Drum di Panggung Jateng Fair 2014

Pameran Produk Daerah

Menampilkan dan memamerkan Produk Daerah tentunya menjadi kebanggaan tersendiri bagi kabupaten maupun kota yang ikut berpartisipasi dalam event Jateng Fair 2014, langkah ini tentunya menjadi ajang promosi yang tepat supaya Produk Lokal atau Daerah dikenal, disamping itu yang menjadi harapan besarnya adalah produk mereka bisa laku tidak hanya dipasar lokal namun bisa mencapai pasar global. Sewaktu kami kesana tentunya kami tidak melupakan untuk berkunjung ke stand kabupaten darimana kami berasal, bahkan kami sempat mencoba dawet ayu banjarnegara yang terkenal itu… ahh syegerrr 😀

Nyobain Dawet Ayu Banjarnegara

Semua event yang pernah diadakan tentu ada kelebihan dan kekurangan, namun semua itu bisa dijadikan catatan bahwa kelebihan yang sudah ada harus ditingkatkan dan patut disykuri dan dibanggakan, sedangkan yang menjadi kekurangan harus dievaluasi dan dibenarkan supaya kemudian hari eventnya bisa lebih baik dan menjadi prestasi yang dibanggakan pula. Berikut adalah beberapa masukan saya untuk kekurangan dari event Jateng Fair 2014 yakni:

  1. Mengikutkan lebih banyak UMKM dari masing-masing kota maupun kabupaten se Jawa Tengah // Dalam laporan dinas koperasi dan UMKM Jawa Tengah Triwulan 1 tahun 2014 yang saya unduh dari websitenya disini total UMKMnya mencapai 90.339 terdiri dari sektor Produksi/non pertanian sebanyak 30.103, sektor Pertanian sebanyak 15,819, sektor Perdagangan 33.958 dan Sektor Jasa sebanyak 10.459. Bayangkan jika dari masing-masing kota maupun kabupaten itu mengajak 5  umkm unggulan saja dari meraka untuk bisa mengikuti event ini, tentu slogan Jateng Hebat dan Kreatif akan lebih terlihat lebih real dan gamblang, bukan hanya slogan.
  2. Brosur Pameran Jateng Fair 2014 // Saya kemaren menyayangkan ketika kami bertiga tidak bisa melihat semua tenant maupun wahana permainan yang ada di Jateng Fair 2014 padahal kantor saya juga buka stand disana, dan saya tidak tahu lokasinya dimana, o ya.. teman saya @butoso yang juga wirausaha @bun2burger dan @DolanSemarang membuka stand juga di event Jateng Fair 2014 ini, dan kami tidak bisa melihat stand kantor maupun sahabat kami itu. Ini dikarenakan kami berjalan mengikuti keramaian yang ada, dan arah yang ingin kami tuju saja, sedangkan tidak ada direction atau petunjuk pengunjung mulai dari masuk dilanjutkan kearah mana dan wahananya apa saja. Yaa..Makanya kami hanya bisa menikmati lokasi dan wahana tertentu saja, disayangkan sekali karena kami merasakan bahwa masih banyak tempat menarik yang sebenernya bisa kami datangi dan mencoba wahana permainannya atau bahkan membeli souvenir mapun yang lainnya. Jika ada brosur, tentunya saya beserta kedua teman saya tidak bingung dan cukup mengikuti petunjuk pameran dari brosur tersebut, dan ketika banyak pengunjung bisa melakukan apa yang sudah di cantumkan pada brosur, semua tenant pasti ikut senang karena stand mereka dikunjungi atau minimal dilewati oleh pengunjung event ini.

Dimulai dari jam 19.10 kami berangkat ke PRPP, setelah muter sana sini dan coba segernya dawet ayu banjarngera, beli kacamata gaul dan incip madumongo selama + 2 jam akhirnya kami kembali ke kontrakan. Nah.. Ini adalah catatan saya seputar event Jateng Fair 2014: Ayo Wujudkan “Jateng Hebat dan Kreatif!” Terimakasih. :)

Jateng Fair 2014: Ayo Wujudkan Jateng Hebat dan Kreatif!
Tagged on:         

6 thoughts on “Jateng Fair 2014: Ayo Wujudkan Jateng Hebat dan Kreatif!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *