FlashBlogging: Indonesia Pancasila dan Kamu

Kamis pagi ini alhamdilillah saya bisa datang ke acara #FlashBlogging yang diselenggarakan oleh Kominfo. Mungkin biar lebih afdhol untuk menilai keabsahan dari acara ini saya upload foto wefie bareng Chief RA (Photo taken by @ndorokakung) hahaha

image2

Jadi sebenernya apa itu flashblogging? Dan bahas apa saja sih? Nah ini yang akan coba uraikan sedikit dan semoga padat ya.. namanya kan juga flash-blogging. Jadi ya apa yang saya share dalam tulisan ini bersifat cepet nulisnya dan padat isinya. Saya anggap temen-temen pembaca ini sudah paham apa yang saya sampaikan tentang flashblogging. “Lantas materi ataupun konten utama nya apa dong?” Makanya lanjutkan bacanya yak..

Yap seperti judulnya pagi ini sebenernya kami membahas tentang krisis kritis tentang pancasila. Kenapa pancasila? ini bermula dari perpu ormas yang barusan diteken oleh presiden. Bukan tanpa sebab kenapa perpu ini harus dimunculkan. Karena menurut Bapak Heri Santoso selaku narasumber flashblogging hari ini yang ditemani oleh blogger senior @ndorokakung adalah, adanya ormas-ormas yang terindikasi memakai dasar organisasi-nya bukan lagi patuh pada falsafah negara Indonesia, namun mereka mengendahkan itu dan memakai ideologi yang mereka yakini sebagai kebenaran. Horor kan?!

Jadi ada baiknya apabila kita mendapatkan informasi yang didapatkan dari khalayak umum tentang undang-undang atau perpu ormas ini dibuat untuk melakukan pelemahan terhadap golongan atau kelompok tertentu itu sepenuhnya itu tidak benar, dan malah sebaliknya perpu yang dibuat untuk merawat NKRI agar tetap utuh dan damai.

Malanjutkan apa yang disampaikan oleh Bapak Heri Santoso yang juga selaku Dosen UGM di Pusat Studi Pancasila, Ndorokakung menambahkan bahwa netizen atau blogger harus makin aware dengan apa yang ditulis dan apa yang ada di Internet bahwa sebenernya tidak 100% benar. Ada gejala yang makin  mewabah yakni postruth, dimana sebuah informasi di yakini sebagai sebuah kebenaran tanpa ada sumber yang jelas dan kajian ilmiahnya terlebih dahulu.

Jadi man teman.. sebenernya secara pribadi saya mendukung langkah pemerintahan sekarang dimana Pancasila dijadikan hari libur Nasional dan tetap sebagai ideologi negara yang tak perlu diperdebatkan. Mari tetap menjadi warga negara yang cinta indonesia cinta pancasila dan cinta kamu.. eaaa kamu.

FlashBlogging: Indonesia Pancasila dan Kamu
Tagged on:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *