Ber- IG2S Ria di Salatiga

Selasa, 21 April 2009

Kandatel Salatiga, Disperindag

Pagi cerah di hari selasa kami serombongan afif, yani, dan ephy berangkat bersama bapak joko dari Telkom pukul 7 kurang 7 menit menuju salatiga dalam rangka IG2S, kami bersyukur karena dalam perjalanan berangkat dan pulang kami tidak menjumpai hambatan di jalan. Sampai di kantor kandatel Salatiga jarum jam menunjukan kurang lebih jam 9, kami langsung mengeluarkan laptop dan peralatan yang biasa perlu kami persiapkan sebelum acara pelatihan, tidak sampai 20 menit kami telah selesai prepare, kami santai sejenak sambil ngenet ya biasalah facebookan sama plurekan he…he..he.

Dalam keseriusan kami membuat jejaring sosial di facebook dan plurk, kami sempat saling tanya antara satu dengan yang lain (baca : tim dari internet club) kok pesertanya gak datang-datang ya?….Eh tak beberapa menit kemudian bapak joko memberitahukan kepada kami bahwa telah terjadi miss communication…..wah ada apa ini?

Ternyata eh ternyata… peserta yang akan datang pada sesi pertama untuk pelatihan hari ini dipindah jadwal tayangnya besok hari rabu…lha terus gimana dong untuk sesi pertama ini?big question bagi saya saat itu…..ha..ha..ha…anda tahu dong kami ngapain disana setelah pemberitahuan itu…..ya iyalah, …tentu kami melanjutkan misi kami untuk membuat jejaring sosial lewat facebookan dan plurekan.

Lama-lama kelamaan mungkin karena perjalanan kami dari semarang menuju salatiga lumayan jauh membuat perut kami sempat lapar kembali….ya mungkin kata yang tepat adalah “sempat”karena ya “sempat” aja sih untuk memikirkan seberapa laparnya kami meskipun sebelum dalam perjalanan kami diajak bapak joko untuk sarapan pagi.

Dan gak tahu juga mungkin rezeki itu tak jauh dari kami bertiga, bapak Aziz dari bagian admin kantor kandatel salatiga mengajak kami untuk sarapan yang kedua kali di pagi itu, karena kalau tidak salah jam di tangan saya baru menunjukan jam setengah 12 dan jam segitu sih kalau bagi saya mahasiswa yang sering punya penyakit kanker (baca : kantong kering) masih terlalu pagi untuk makan siang, makanya saya memberi judul untuk bagian ini adalah “sarapan pagi sesi kedua” ha….ha….ha…. belum pelatihan sesi pertama aja kami sudah ada sarapan pagi sesi 2.

Ah gak ayik kalau cuman ngomongin makanan aja tanpa ada yang dibahas serius pake otak alias pelatihan itu sendiri….dan ini namanya teori berbalik dari “logika tanpa logistik itu nggak asik”. Lha ketika makan siang eh sarapan pagi itu saya sempat menanyakan ke bapak Joko kira-kira jam berapa pelatihannya nanti akan dimulai? Kata beliau pelatihannya nanti dimulai jam setengah dua.

Cuaca Salatiga saat itu sebenarnya kurang bersahabat, mendung tebal dan suara petir yang bersahutan sudah membuat kami satu tim bertanya-tanya lagi “jadi gak ya?”. Namun pertanyaan kami terjawab dengan datangnya beberapa bapak dan Ibu berbaju dinas, yang telah memakirkan sepeda motor mereka tak jauh dari tempat pelatihan itu berada.

Sesi pertama…ini beneran lho. Sesi pertama dimulai koordinator IG2S kita sendiri yang kali ini berbaik hati terjun langsung ke lapangan untuk menjadi instruktur. Materi yang di share kali ini adalah tentang pengetahuan internet dasar diantaranya sejarah internet, browsing, searching, email.

Penyampaian materi dalam browsing dan searching diawali dengan membuka situs-situs warta online seperti www.detik.com, www.liputan6.com, www.kompas.com dan lain sebagainya. Setelah penyampaian materi tersebut selesai maka materi selanjutnya adalah email. Sesi email ini untuk instrukturnya digantikan oleh saya (afif). Awalnya saya mengusulkan untuk menggunakanwww.gmail.com, kemudian peserta mengiyakan, namun dari bapak Joko menganjurkan menggunakan mail.telkom.net. Ketika pengisian form itu tidak ada masalah namun setelah pada step terakhir untuk dieksekusi dengan menekan tombol OK…..oh sungguh teganya ….ternyata gagal. Akhirnya coba saya ulang lagi begitu juga dengan peserta saya anjurkan untuk mengulang lagi..dan hasilnya tetap nihil. Lantas saya coba cek koneksi, ketika itu saya dibantu cak yani untuk mengecek dan tidak ada apa-apa dengan koneksinya…lha terus?

Akhirnya saya coba untuk menganjurkan untuk pindah ke www.yahoo.co.id. Namun disayang waktu yang tersisa untuk pelatihan kali ini sudah akan habis. Tapi karena keinginan saya agar peserta dapat membuat email, saya tetap melanjutkan. Dan ternyata peserta pun juga masih antusias. Maka saya tetap semangat dan lanjutkan!!!….Harus Bisa!!!

Ya, meskipun akhirnya hanya 1 orang yang berhasil membuat dan mampu mengirim email ke saya, tapi saya cukup senang. Dan karena waktu juga tidak dapat ditambah karena sudah sore. Akhirnya dengan berat hati saya menutup sesi pertama pelatihan hari itu di kantor Telkom kandatel Salatiga. Dan saya kira hari itu tidak akan pernah ada pelatihan sesi kedua.

*Tulisan ini pertama kali saya tulis di blogspot 21 April 2009 dengan judul ”Laporan kegiatan IG2S di Salatiga”

Ber- IG2S Ria di Salatiga
Tagged on:     

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *