FlashBlogging : Agenda Membangsa Dalam Kreatifitas Menulis

SEMARANG, 2 Februari 2018. Pagi ini Alhamdulillah dapat kesempatan KOPDAR yang difasilitasi Kementrian KOMINFO di hotel Santika Premiere bareng blogger-blogger yang kecee :))). Agendanya adalah FlashBlogging. Tentang apa itu-nya? kami bisa baca tulisan saya ketika ikut acara ini yang pertama disini http://afifmasudiihwan.net/flashblogging-melek-perpu-ormas-dan-pancasila/

FlashBlogging Menuju Indonesia Maju

Tema FlashBlogging kali ini adalah Menuju Indonesia Maju. Dimana korelasi antara Blog dan tema Menuju Indonesia Maju. Baca tulisan ini hingga akhir yess. Pemateri pertama FlashBlogging hari ini Bapak Anto Prabowo Wartawan Senior Suara Merdeka yang berprofesi juga sebagai dosen di UNIKA. “Agenda Membangsa itu lebih sulit dari bernegara, karena merupakan agenda yang tidak pernah berhenti” tuturnya. Sedangkan kreatif adalah proses menciptakan karya yang bersifat terbarukan (novelty). Karenanya beliau juga menyampaikan bahwa menulis tidak perlu tips and trik karena jika menggunakan itu proses kreatif hanya akan menghasilkan tulisan hasil template dan itu menghianati sifat kreatif itu sendiri (baca: novelty). Selanjutnya tentang menulis AGENDA MEMBANGSA adalah temukan gaya sendiri dalam menulis untuk mengembalikan martabat bangsa pada tumpuan ideologi yang menyatukan.

Bapak Anto Wibowo : Agenda Membangsa dan Kreativitas Menulis

Dilanjutkan pemateri kedua acara hari ini adalah Bapak Andoko Darta beliau adalah salah satu Tim Komunikasi Presiden yang mengelola media Sudut Istana. Dimulai dengan pemutaran video kerja nyata dari 2 tahun pemerintahan Jokowi JK, dengan penekanan dalam penguatan infrastruktur, media sudut istana ingin menyampaikan kepada masyarakat bahwa pembangunan yang dibangun sekarang adalah Indonesia Sentris dengan dominasi pembangunan diluar jawa.

Bapak Andoko Darta dari Tim Komunikasi Presiden (TKP)

Beberapa video hasil dari TKP lainnya juga ditampilkan, seperti video peran bapak Amin sebagai kuli bangunan dari salah satu proyek pemerintahan yang sedang berlangsung. Sesuai dengan fokus pemerintahan sekarang Presiden Jokowi menyampaikan jika pembangunan harus dilakukan sekarang dan tidak bisa ditunda lagi. Peran Tim Komunikasi Presiden disini sangat jelas sekali, yakni membantu presiden untuk mengemas pesan kebijakannya kedalam video-video yang menggambarkan kenapa kebijakan presiden itu dibuat dan manfaatnya, dengan harapan masyarakat memahami pesan video dan mendukung kebijakan pemerintahan.

Narsis bareng RTIK Semarang dan RTIK Komisariat UPGRIS

Seperti janji saya sebelumnya, korelasi blogging dan tema FlashBlogging kali ini adalah *jrengg-jrenggg Menulislah untuk kebaikan wahai anak muda! perbanyak konten positif yang membangun, tidak ada lagi kata “sing bener sing ngalah” sama seperti yang disampaikan bapak Andoko dalam sesinya. Bukan karena penyebar hoax itu banyak tapi karena mereka intens dalam menulis dan menyebarkan konten negatif dan diperparah adanya gejala postruth di masyarakat. Yuk berkarya positif untuk Indonesia Maju.

Demikian report selama saya mengikuti acara FlashBlogging kali ini, semoga bermanfaat. Kemampuan tulisan saya kembali diuji diacara ini untuk mengemas cerita dalam sebuah tulisan secara singkat. kalo kamu punya masukkan tinggal dikomen dibawah yess. Suwun. -@wedangteh-

Foto Bareng! tebak saya dimana? :D
FlashBlogging : Agenda Membangsa Dalam Kreatifitas Menulis
Tagged on:             

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *