3 Second Rule On Safety Driving

Crash! sumber gambar: http://www.clipartbest.com

Berangkat sekitar jam 7 pagi dari kontrakan di jl. Gergaji, saya beserta wresta, budi dari akber kudus dan mas yudi menuju pom bensin sukun banyumanik, sesuai dengan kesepakatan, saya beserta teman-teman ini menunggu rombongan mobil satunya, disini juga kami akhirnya berkenalan dengan icha dari akber malang yang turut dalam rombongan mobil yang saya bawa. Sekitar Jam 8 akhirnya kami serombongan dalam 2 mobil xenia dan avanza melaju memasuki tol tembalang menuju tol bawen, keluar dari tol kami sarapan dulu di warung dekat jalan lingkar ambarawa. Dilanjut perjalanan hingga sampai jogja sekitar jam 11 siang pagi menjelang siang jumatan. Memang semua sudah sesuai perkiraan, dan jika sesuai rencana langsung bisa registrasi acara #LLD3 di edu hostel, namun sepertinya harus tertunda dulu karena kami ada masalah.

Dalam perjalanan kami mengalami crash, tabrakan beruntun. Kejadian bermula dari perbaikan jalan yang ada daerah sleman, di km berapa saya tidak mengingat persisnya, terdapat mobil secara berurutan, paling depan ada mobil box, kemudian innova, mobil xenia yang saya bawa dan mobil avanza yang dibawa teman saya hiksa. Ketika mobil box didepan ngerem mendadak, sontak innova ngerem juga, karena jarak yang terlalu dekat saya menyundul pengaman bagian belakang innova. Kemudian avanza belakang saya menabrak xenia pada bagian kanan, lampu belakang xenia pecah, kerusakan avanza tampak pada body sebelah kiri yang remuk. Alhamdulillah, hiksa cukup lihai dalam mengemudi, meskipun masih tabrakan namun sebenernya dia masih sempat membanting stir kekanan. Jika sudah panik dan kurang gesit bisa jadi pintu belakang sampai kaca masing-masing mobil pun bisa pecah, dan ini jelas berdampak pada biaya perbaikan yang semakin membengkak. Dalam kesimpulan saya, tabrakan ini terjadi dikarenakan jarak antar mobil satu dengan yang lainnya yang terlalu berdekatan, dan tentunya saya sebagai driver kurang berhati-hati.

Nah kebetulan dari scroll-scroll timeline facebook saya menemukan satu video yang menguatkan argumen saya tersebut, Drive Safe: The 3 Second Rule That Could Save Your Life. Berikut videonya:

Jarak antar mobil adalah minimal 3 detik, untuk mobil yang lebih besar sangat disarankan untuk lebih jauh jaraknya, karena ketika mengerem akan ada jarak yang cukup antar kendaraan untuk tetap aman tidak tertabrak.

Belajar dari kejadian ini, bahwa selain berikhtiar dengan cara berhati-hati dalam berkendara dan tidak kebut-kebutan #ThinkSave, tentunya berdoa adalah keharusan. Maafkan saya teman-teman. Saya belajar. Alhamdulillah.

nb: featured image source: mylicence.sa.gov.au

3 Second Rule On Safety Driving
Tagged on:     

2 thoughts on “3 Second Rule On Safety Driving

  • 27 April, 2016 at 10:45 AM
    Permalink

    wogh pengetahuan baru, perlu dimasukan kedalam kamus nih…
    *pose ala triple play* 😛

    Reply
    • 27 April, 2016 at 10:54 AM
      Permalink

      Sekalian promosi yaa..jiaan marketing sejati ?

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *